Mesti Baca!!!

Mesti Baca!!!
" Sedarilah posisi dan fungsimu dalam sejarah, dan laksanakanlah tugas suci ini dengan pengertian, keyakinan dan kesabaran. " (Imam Hasan Al-Banna)

Saturday, November 14, 2015

Luahan rasa #1


Seakan ada sesuatu yang tak terluah
Terkadang sukar untuk difahami
Apa yang kau sendiri mahu
Atau kamu masih hanyut dalam keduniaan
Sedang  tahu akhirat itu yang kekal

Bantu aku menuju jalanMu
Kau tunjukkanlah jalan
Bila  buntu
Terkadang   lupa ALLAH sebenarnya sentiasa ada untuk pandu
Biar punya rasa bertuhan

Atau sebenarnya engkau sedang keliru
Kau rasa makin jauh?
Terlalu focus pada teknikal
Sedang lupa makanan ruuhimu
Carilah kembali hatimu
Hati yang salim yang engkau rindui

Rindu bukan?
Merasa manisnya iman
Hari2 penuh bercerita dengan tuhan
Luahkan segalanya
Jaga muttabaah
Kamu mampu jadi seperti dulu
Dapatkan kembali hati yang engkau rindui
Harus lebih serius
Sebab kau antara yang terpilih
Antara yang tertapis
Harus sambung risalah itu
Pimpin yang laen berjalan seiring
Menuju tuhan


15112015, 8.19pm .Jordan 


Dunia ibarat roda. kadang di atas kadang dibawah. Begitulah iman. Ada naik turunnya. Bila rasa futur bangun kembali, terus melangkah kuatkan hati. Futur tu boleh jadi satu nikmat. Nikmat? Ya! Saat kita ingin mula bangkit dari rasa futur tu, kita akan rasa makin dekat dengan Tuhan, luahkan segalanya, bercerita hanya padaNya, kadang tak perlu pun berkongsi pada manusia, cukup air mata yg mengalir dan bercerita pada Dia segalanya. Sebab dia sahaja yang paling faham kita, keadaan kita, segalanya. Maka berputik kembali rasa cinta, bahkan menguatkan lagi rasa cinta dengan Dia. Indahnya rasa nikmat bertuhan! :')

*oh ya! futur masing2 berbeza,bagaimana kita sendiri mendefinisikan futur tu. boleh jadi bila kita mula rasa menjauh dgn Dia , tak se sweet seperti biasa antara kita dan Dia, ni pun boleh didefinasikan futur, sebab kita sendiri yg mendefinasikan futur tu. Banyak je lagi definasi futur, terpulang anda. huhu

Wednesday, September 9, 2015

For all Dental Student and Dental Surgeons ....Must read ...

smile emoticoEndodontic treatments (RCT) During Pregnancy

Found this article written by DR.PANCHAL KUMARE SUMIT on Facebook. Very important and interesting for all Dental Student and Dental Surgeons. Good Luck!

Endodontic treatments (RCT) During Pregnancy
•Although pregnancy is not a contraindication to endodontic treatment, it does modify treatment planning.
•Protection of the fetus is a primary concern when administration of ionizing radiation or drugs is considered.
• Ideally, no drug should be given during pregnancy , especially in first trimesters

•It is a major event in any woman’s life and is associated with physiological changes affecting especially the endocrine, heart and blood systems and often attitude, mood or behavior.
•Therefore pregnant women should take extra care during this period to avoid any circumstances that could harm their fetuses, including certain dental treatments.
•The female body undergoes many changes during pregnancy due to hormonal imbalances. Some of the medical complications of pregnancy can include:
1-Hypertension (A common disorder in which blood pressure remains abnormally high which is a reading of 140/90 mm Hg or greater) is a dangerous complication leading to greater threat to both fetus and mother. Hypertensive pregnant women must therefore rest as much as possible and have anti-hypertensive treatment.
2-Blood hypercoagulability (excessive thickening of blood), which can lead to venous thrombosis (occlusion of blood vessels), particularly postoperatively or occasionally to disseminated intravascular coagulopathy (A rare, life-threatening condition that prevents a person’s blood from clotting normally).
3-Anemia (A deficiency of red blood cells). Expansion of the blood volume may cause an apparent anemia but in about 20%, true anemia develops, mainly because of fetal demands for iron and folate. Pregnancy may worsen pre-existing anemias, especially sickle cell anemia.
4- Supine hypotension syndrome. In later pregnancy up to 10% of patients may become hypotensive (low blood pressure) if laid flat( 3 to 7 min ), when the gravid uterus compresses the inferior vena cava and impedes blood return to the heart and may get syncope ..

Pregnancy and Dental Work
•Preventive dental cleanings and annual exams during pregnancy are not only safe, but are recommended.
•The rise in hormone levels during pregnancy causes the gums to swell, bleed, and trap food causing increased irritation to gums.
•Preventive dental work while pregnant is essential to avoid oral infections such as gum disease, which has been linked to preterm birth.
•If dental work is done during pregnancy, the second trimester is ideal and safe. Once patient reach the third trimester, it may be very difficult to lie on dental chair for an extended period of time and may get syncope.
•The safest course of action is to postpone all unnecessary dental work until after the birth. However, sometimes emergency dental work such as a root canal or tooth extraction may be necessary.
•Elective treatments, such as teeth whitening and other cosmetic procedures, should be postponed until after the birth. It is best to avoid this dental work while pregnant and avoid exposing the developing baby to any risks, even if they are minimal.
•Lidocaine is the most commonly used drug for dental work. Lidocaine (Category B) does cross the placenta after administration.
•If dental work is needed, the amount of anesthesia administered should be as little as possible, but still enough to make your patient comfortable.
•Dental work often requires antibiotics to prevent or treat infections. Antibiotics such as penicillin, amoxicillin, and clindamycin, which are labeledcategory B for safety in pregnancy.
• According to the American College of Radiology, no single diagnostic x-ray has a radiation dose significant enough to cause adverse effects in a developing embryo or fetus.
•Fetal organ development occurs during the first trimester; it is best to avoid all potential risks at this time if possible.
• If non-emergency dental work is needed during the third trimester, it is usually postponed until after the birth.
•During pregnancy, surgical endodontic is normally only considered in the mid- trimester and ideally should be avoided

Dental treatment in Pregnancy
•Dental treatment is best carried out during the second trimester, but advanced restorative procedures are probably best postponed until the state of the gums improves after giving birth and prolonged sessions of treatment are better tolerated.
•In the second and third trimesters the fetus is growing and maturing but can still be affected by infections, drugs and possibly other factors.
• In the third trimester the supine hypotension syndrome may result if the pregnant woman is laid flat.
The person should therefore be put on one side to allow blood return to recover. Some pregnant women also have a hypersensitive gag reflex. Elective dental care should be avoided in the last month of pregnancy, as it is uncomfortable for the patient.

•Routine dental treatment of pregnant women under local anesthesia, for example extraction of teeth, is safe from the second trimester on wards but unnecessary drugs should be avoided.
•Some specific anesthetics have been recommended and approved by the FDA in case the patient undergoing the root canal treatment is pregnant women.
•Nonetheless, the anesthetics that endodontist administer are safe for conceived women, still the quantity of anesthesia applied to the pregnant women can be a cause of concern.
•In case the administered initial dose is insufficient, you may inject additional anesthesia enabling the patient feel relaxed.
• Incurred pain during treatment stirs the stress, and it could be much more damaging to the fetus than some more quantity of anesthetic dose

Associated Chemicals:
•It has been established that neither the cleaning liquid administered during the treatment i.e. sodium hydrochloride or bleach nor the filing component is detrimental to the fetus.
•Formocresol should not be used with individuals who are pregnant or suspected to be pregnant.

•Sedation with diazepam or midazolam are particular hazards and must be avoided in the first trimester and in the last month of the third trimester of pregnancy.
•Nitrous oxide, though able to interfere with vitamin B12 and folate metabolism, does not appear to be teratogenic(Of or relating to substances or agents that can interfere with normal embryonic development) though it is advisable to:
restrict use to the second or third trimester,
limit the duration of exposure to less than 30 minutes,
use 50% oxygen,
avoid repeated exposure,
Use scavenging in the dental surgery to minimize staff exposure.

•Drugs may be teratogenic and should therefore be avoided where possible, especially in the first trimester.
•Many women are unaware of being pregnant in the early part of the first trimester and therefore it is preferable for women of childbearing age to avoid taking any drugs, unless absolutely essential.
•Aspirin and other NSAIDs may cause closure of the ductus arteriosus in the uterus, and fetal pulmonary hypertension as well as delaying or prolonging labor and therefore are contraindicated in the third trimester.
• Aspirin, in addition, causes a platelet defect and may induce abortion and is best avoided throughout pregnancy.
•Corticosteroids can suppress fetal adrenals and if taken, a steroid cover is needed for labor.

•Radiography should be avoided, especially in the first trimester, even though dental radiography is unlikely to be a significant risk unless the beam is directed to the fetus.
•When an apron is used in dental radiography, gonadal and fetal exposure is negligible.
• It has been estimated that two periapical dental X-rays give an exposure less than that due to natural radiation for 1 day. Nevertheless, of radiography is essential, patients must wear a lead apron and exposure must be minimal.
•MRI (magnetic resonance imaging) is best avoided during the first trimester.
•To perform a successful root canal, we must have a good understanding of the severity of the infection and the internal layout and shape of the associated tooth and the related canals.
•As per statement of the American College of Radiology, no x-ray used for diagnostic purpose has such radiation dose prominent enough to impact the growing fetus or embryo adversely.
•In addition, the x-rays are directed to the mouth not the abdomen. Still to be in the safe side, even we generally provide the patient with a lead cover to avoid x-rays approaching the abdomen.
•ADC and FDA, states that dental radiograph procedures” do not need to be altered because of pregnancy “when a lead apron( apron with thyroid color) is use during dental radiographic procedures, the amount of radiation received in the pelvic region is nearly zero . the embryo or fetus receives no detectable exposure with the use of a lead apron
•Although scientific evidence indicates that dental x –ray procedures can be performed during pregnancy, many dentists and pregnant patients prefer to post pond such x-ray procedures because of patient’s concern.

LACTATION and Dental drugs
•Since drugs may pass in the breast milk from mother to fetus, care should be taken in their use.
•Drugs should preferably be taken by the mother immediately after breast feeding, so that milk levels of the drug is low as possible at the next feed.
•Cephalexin is a useful antimicrobial as it is not secreted in the milk.
•Fluoride passes into breast milk and of the local water supply contains more than 1 mg/l fluoride, supplements are not indicated for the breast-fed infant.
Analgesics – aspirin (high dose), dextropropoxyphene, diflunisal, indometacin
Antimicrobials – tetracyclines, aminoglycosides, co-trimoxazole, fluconazole, ganciclovir, metronidazole, sulfonamides
Premedication – atropine, choral hydrate, beta-blockers
Others – antidepressants, barbiturates, etretinate, carbamazepine, corticosteroids (high dose), povidone-iodine

Risks if Root Canal is Avoided During Pregnancy
•In case the endodontist recommends the root canal even after being aware of the pregnancy status of the patient it means the risks associated with postponing the root canal are greater than the performing the root canal treatment in pregnancy.
Risks if Case Root Canal is Postponed Due To Pregnancy
•Severe Pain: Tooth abscess condition requires immediate root canal treatment and is generally followed by extreme toothache. Unrelenting pain throughout the phase of pregnancy can be much more stressful situation that may potentially impact the mother and child adversely in this critical juncture.
•Infection: Tooth infection is the cause that leads to root canal during pregnancy! It is advisable to treat the infection as early as possible to ward off further complications even in pregnancy. If it is not treated it can pose threat to the pregnancy too.
please provide me your feedback regarding this post
Thank you emoticon

Masih di Malaysia. Berbaki lagi 3 minggu sebelum pulang ke Jordan. Cuti kali ni agak sibuk dgn persiapan perkahwinan kak long dan kak ieda lagi 10 lagi, ni belum majlis sendiri lagi,huhu. Seperti biasa bnyk spend masa dengan family dan yang paling menarik cuti ni dapat buat attachment kat klinik swasta before masuk clinical year, membuatkan hati ini bertambah chenta dgn dentistry.hehe. tak sabar nak masuk 4th year, moga ALLAH mudahkan! Ameen ^^

Sunday, August 16, 2015

Masa Lapang


Diingatkan selalu soal masa lapangmu
Dunia tarbiyyah banyak mengajarmu
Kau terus tewas dengan hawa nafsumu
Larut, hanyut dengan duniamu
Apa kau fikir dunia ini selamanya?

Jangan tertipu
Harus mujahadah
Memang susah, memang payah
Harus kau gagahi
Sebab di luar itu ramai sedang menantimu
Untuk kau tuntun mereka ke jalan cahaya
Sebab kau permata terpilih
Muatiara terpilih menikmati tenang
Tenang bersama tarbiyyah~

280115,12.58. JO.

“ Iman pasti lusuh di hati salah seorang diantara kalian,sebagaimana pakaian itu lusuh. Kerana itu,mintalah kepada ALLAH untuk memperbaharui iman dalam hati kalian.”
(HR Thabrani dengan sanad yg hasan)


Alhamdulillah, selesai tahun 3 pergigian di JUST ( Jordan University of Science and Technology). Akan bermula kehidupan baru yang lebih mencabar as a clinical student. moga ALLAH pandu setiap langkah dalam menuntut ilmu di bumi anbiya' ni. sekarang dalam fatrah cuti sem, saat ini lah akn diuji dgn nikmat masa lapang. Fakhriah,mujahidah fillah, selamat bermujahadah!   


Tuesday, April 21, 2015

Kamu Alpa

Tertipu dgn duniamu
Sangkamu kau yg terbaik
Namun ia meleset
Kau tertipu dgn kebaikanmu
Org baik takkan pernah mengaku baik

X terlepas dosa n noda
Harus sering rasa pendosa
Biar berjalanmu di atas dunia umpama berjalan dia atas duri
Sungguh berhati-hati
Usah tertipu dgn dirimu
Harus rasa xpernah cukup
Sebab kita tamak pahala
Obsess syurga!

260115,11.4Opm. JO.

“ siapakah HERO?
Dialah orang yg tak tertipu oleh kebaikannya sendiri,
Tak tersibukkan oleh kekurangan orang lain,
Tak terbutakan oleh prestasi yang diraih,
Dan tak tergoda oleh prestise maupun gengsi”

( Happy Ending full barokah)

Tuesday, February 3, 2015

Travelog Ibrah Espana part 4


Kemajuan Kota Cordoba di abad 10 M melebihi kota-kota lain yang ada di Eropa.  Para pelancong yang datang dari Utara merasakan kekhusyukan dan kewibawaan kota yang memiliki tujuh puluh perpustakaan dan sembilan ratus pemandian umum ini.
Ketika para pemimpin Kota Lyon, Nevar, dan Barcelona membutuhkan ahli bedah, insinyur, arsitek bangunan, penjahit pakaian atau ahli musik, maka mereka langsung menuju ke Kota Cordoba.

Sebagai perpanjangan dari peradaban Islam, baik dari segi ilmu, nilai, dan keagungan, muncullah sang bintang, Kota Cordoba, yang menjadi saksi bisu atas pencapaian peradaban kaum muslimin dan kemuliaan Islam pada saat itu, ketika bangsa Eropa dalam kegelapan.

Cordoba adalah suatu nama yang senantiasa memiliki alunan nada yang khusus di telinga setiap orang Eropa yang mempercayai kebangkitan dan peradaban kemanusiaan. Al-Muqri mengatakan bahwa sebagian ulama Andalusia mengatakan,
Cordoba menjadi terdepan karena empat alasan

1.jembatan al-Wadi
2.Masjid Jami’
3. Madinat az-Zahra
4. ilmu pengetahuan

Yang akhir paling besar secara keseluruhan (Nafh ath-Thayyib Min Ghusn al-Andalus ar-Rathib, 1/53).

☆Cuplikan Sejarah dan Geografi Cordoba
Kota Cordoba terletak di sungai al-Wadi al-Kabir di bagian Selatan Spanyol. Kota ini didirikan oleh bangsa Cordoba yang tunduk kepada pemerintahan Romawi dan Visigoth (Bangsa Goth) (Maus’ah al-Maurid al-Hadits). Kota ini ditaklukkan oleh panglima Islam yang terkenal, Thariq bin Ziyad, pada tahun 93 H / 711 M. Sejak saat itu kota Cordoba memulai tatanan hidup baru dan mengukir sejarah yang sangat penting dalam sejarah peradaban umat manusia. Kecemerlangan Cordoba sebagai kota peradaban mencapai puncaknya pada tahun 138 H / 759 M, ketika Abdurrahman ad-Dakhil mendirikan daulah Umayyah II di Andalusia setelah sebelumnya runtuh di Damaskus oleh orang-orang Abbasiyah.

☆Kemajuan Kota Cordoba
Pada masa Abdurrahman an-Nashir, khalifah pertama Umayyah di Andalusia, kemudian putranya al-Hakam al-Mustanshir, Kota Cordoba mencapai puncak kemajuan dan masa keemasannya. Apalagi kota ini dijadikan sebagai ibu kota Daulah Umayyah II dan tempat istana kekhalifahan di dunia Barat.
Pada masa ini, Cordoba juga dijadikan sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban dunia sehingga menyaingi Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium di benua Eropa, Kota Baghdad ibu kota Daulah Abbasiyah di Timur, Kota Kairawan dan Kairo di Afrika, sehingga orang-orang Eropa menyebut Cordoba dengan “Mutiara Dunia”.
Perhatian Dinasti Umayyah terhadap Kota Cordoba mencakup beberapa sisi kehidupan, seperti: pertanian, perindustrian, pembangunan benteng-benteng, pembuatan senjata, dan lain sebagainya. Mereka juga membuat aliran-aliran air dan mengimpor berbagai macam pohon dan tanaman buah untuk di tanam di kota ini.

☆Jembatan Cordoba
Termasuk salah satu keistimewaan Cordoba adalah Jembatan Cordoba yang letaknya ada di sungai al-Wadi al-Kabir. Jembatan ini dikenal dengan nama al-Jisr dan Qantharah ad-Dahr. Panjangnya sekitar 400 m, lebar 40 m, dan tingginya 30 m.
Ibnu al-Wardi dan al-Idrisi meberikan kesaksian bahwa jembatan tersebut melebihi jembatan-jembatan yang lain dari segi kemegahan bangunan dan kecanggihannya (Kharidah al-Aja’ib wa Faridah al-Ghara-ib, Hal. 12).
Jembatan yang menakjubkan tersebut dibangun pada permulaan abad kedua Hijriyah tahun 101 H, atau sejak 14 abad yang lalu. Jembatan ini dibangun oleh Gubernur Andalusia, as-Samh bin Malik al-Khaulani di masa kekhalifahan Umar bin Abdul Aziz. Artinya, jembatan ini dibangun pada saat manusia belum mengenal sarana transportasi kecuali binatang: keledai, onta, bighal, dan kuda. Dan ketika itu, sarana-sarana pembangunan belum secanggih saat ini. Hal inilah yang menjadikan jembatan tersebut salah satu kebanggaan peradaban Islam.

☆Masjid Cordoba
Masjid Jami’ Cordoba merupakan salah satu unsur peradaban Cordoba yang sangat penting dan masih tetap bertahan hingga sekarang. Masjid tersebut dalam bahasa Spanyol disebut Mezquita, yang diambil dari kata masjid. Masjid ini adalah masjid yang paling masyhur di Andalusia, bahkan di seluruh Eropa. Namun, sekarang masjid ini dijadikan sebagai katedral. Masjid ini mulai dibangun Abdurrahman ad-Dakhil tahun 170 H / 786 M., kemudian diteruskan oleh putranya Hisyam dan khalifah-khalifah setelahnya. Setiap khalifah memberikan sesuatu yang baru kepada masjid tersebut, dengan memperluas dan memperindahnya agar menjadi masjid yang paling indah di Cordoba dan masjid terbesar di dunia saat itu.

Penulis kitab ar-Raudh al-Mi’thar mengatakan, “Di Kota Cordoba ini teradapat sebuah masjid yang sangat terkenal dan sering disebut-sebut. Masjid itu adalah masjid terbesar di dunia, luas, dengan teknik pembangunan yang modern, bentuk yang indah, dan bangunan yang sempurna.”

Para khalifah memberikan perhatian yang besar terhadap Masjid Cordoba ini. Mereka memberikan tambahan demi tambahan, penyempurnaan demi penyempurnaan hingga mencapai tingkat yang sempurna, bangunan yang membuat kagum, dan tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.

Tidak ada masjid kaum muslimin yang menyerupai masjid ini dari segi keindahan, luas, dan besarnya. Separuh masjid dibuat beratap dan separuhnya lagi tidak. Jumlah lengkungan bangunan yang beratap ada empat belas. Ada 1000 tiang, baik tiang yang besar ataupun kecil. Ada 113 sumber penerangan, penerangan yang terbesar terdapat 1000 lampu dan yang paling kecil memuat 12 lampu.

Tiang-tiang dan lengku-lengkung di dalam Masjid Cordoba
Seluruh kayunya berasal dari pohon cemara Thurthusy. Besar pasaknya satu jengkal dan panjangnya 30 jengkal, antara satu pasak dengan pasak yang lain dipasang pasak yang besar. Di atapnya terdapat bermacam-macam seni ukir yang antara satu dengan yang lain tidak sama. Susunannya dibuat sebaik mungkin dan warna-warnanya terdiri dari warna merah, putih, biru, hijau, dan hitam celak. Arsitektur dan warna-warni itu menyenangkan mata dan menarik hati. Luas tiap-tiap penyusun atap adalah tiga puluh tiga jengkal. Jarak antara satu tiang dengan tiang yang lain lima belas hasta, dan masing-masing tiang bagian atas dan bawahnya dibuat dari batu marmer pualam.

Masjid ini mempunyai mihrab yang sangat indah, dihiasi ukiran-ukiran dengan teknik yang sempurna, dan terdapat mozaik yang dilapisi emas. Hal ini sampai membuat pemimpin Konstantinopel mengirim utusan kepada Abdurrahman an-Nashir Lidinillah. Di dua arah mihrab ada empat tiang, dua tiang berwarna hijau dan dua lagi berwarna violet kehijau-hijauan. 

Mihrab Masjid Cordoba yang masih berhiaskan kaligrafi Alquran,marmer yang dihias dengan emas, lazuardi, dan warna-warna lainnya. Di sebelah mihrab terdapat mimbar yang keindahannya tidak ada yang menandinginya; kayunya adalah kayu ebony, box, dan kayu untuk wewangian. Konon, mihrab tersebut dibuat selama tujuh tahun dan dikerjakan oleh tujuh orang ahli, selain tukang pembantu.

Di sebelah Utara mihrab terdapat gudang yang di dalamnya terdapat beberapa wadah yang terbuat dari emas, perak, dan besi. Semuanya untuk tempat nyala lampu pada setiap malam ke-27 bulan Ramadhan.

Di gudang ini juga teradapat mushaf besar yang hanya dapat diangkat oleh dua orang, dan juga terdapat mushaf Utsman bin Affanradhiallahu ‘anhu yang beliau tulis dengan tangannya sendiri. Mushaf ini dikeluarkan setiap pagi oleh para penjaga masjid. Mushaf ditempatkan di atas kursi dan imam membaca separuh hizb darinya, kemudian dikembalikan ke tempatnya semula.

Di sebelah kanan mihrab dan mimbar adalah pintu yang menuju ke istana, terletak di antara dua dinding masjid yang berupa lorong yang beratap. Di lorong ini ada delapan pintu; empat pintu dari arah istana tertutup dan empat pintu dari arah masjid juga tertutup. Sedangkan masjid ini memiliki 20 pintu yang dilapisi dengan tembaga. Setiap pintu memiliki dua gagang pintu yang indah. Daun pintu dihiasai dengan beberapa butiran yang terbuat dari bata merah yang ditumbuk dengan berbagai macam hiasan yang lain.
Dalam setiap bagian dari empat arah lingkaran menara terdapat dua buah lengkungan yang dibuat batu marmer. Di samping menara juga ada ruang yang memiliki empat pintu tertutup. Ruang ini digunakan tempat tidur oleh dua muadzin setiap malam. Di atas ruang terdapat tiga wadah minyak yang terbuat dari emas dan dua wadah lainnya terbuat dari perak dan daun tumbuhan lili.

Secara keseluruhan, para petugas masjid berjumlah enam puluh orang. Dan mereka dipimpin oleh satu orang yang mengawasi kerja mereka (ar-Raudh al-Mi’thar fi Khabar al-Aqthar, 1/456-457). Keterangan yang hamper sama juga diberikan oleh Ibnu al-Wardi dalam kitabnya Kharidhah al-Aja’ib wa Faridah al-Ghara’ib.

Halaman Masjid Cordoba dipenuhi dengan tanaman jeruk dan delima agar buah-buahnya dapat dimakan orang-orang yang lapar dan para musafir yang datang ke kota Cordoba.

☆Menara masjid yang sudah ditambahi lonceng-lonceng katedral
Namun, hal yang menyedihkan dan membuat air mata berlinang, masjid yang megah ini telah diubah menjadi katedral sejak jatuhnya Andalusia dari tangan kaum muslimin.
Masjid ini kemudian berada di bawah kontrol gereja, walaupun namanya tetap diabadikan. Menaranya yang tinggi menjulang dan megah telah berubah menjadi tempat lonceng kebaktian gereja untuk menyembunyikan karakter Islamnya. Adapun dinding-dindingnya masih dipenuhi dengan ukiran ayat-ayat Alquran yang mencitrakan daya artistik yang tinggi. Masjid ini sekarang menjadi salah satu bagian dari tempat sejarah yang paling masyhur di dunia.

☆Universitas Cordoba
Peran Masjid Cordoba tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun masjid ini juga berfungsi sebagai universitas, bahkan salah satu yang paling masyhur di dunia dan markas ilmu di Eropa. Dari universitas ini, ilmu-ilmu Arab ditransfer ke Eropa selama berabad-abad. Segala cabang ilmu diajarkan di sini dan para pengajarnya merupakan orang-orang yang sangat kompeten di bidangnya. Para pencari ilmu datang ke unversitas ini, baik dari Timur maupun dari Barat. Para pengajar dan dosen diberi imbalan dengan gaji yang layak agar mereka fokus mengabdikan diri untuk mengajar dan menulis dengan baik. Para siswa pun diberi uang saku secara khusus, dan orang-orang yang tidak mampu diberikan beasiswa dan bantuan.

Itulah yang memperkaya khazanah ilmiah secara signifikan di Cordoba pada saat itu. Dan Cordoba mampu melahirkan ilmuan-ilmuan yang mengabdi kepada Islam dan kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum. Tidak hanya di bidang ilmu tertentu, akan tetapi juga di berbagai disiplin ilmu. Di antara mereka adalah az-Zahrawi (325 – 404 H / 936 – 1013 M), seorang ahli bedah yang paling masyhur, dokter, dan ahli obat-obatan, dan pembuatannya. Ada juga Ibnu Bajah, Muhammad al-Ghafiqi, Ibnu Abdil Bar, Ibnu Rusy, al-Idrisi, Abu Bakar Yahya bin Sa’dun bin Tamam al-Azdi, Qadhi al-Qurthubi an Nahwi, al-Hafizh al-Qurthbi, Abu Ja’far al-Qurthubi, dan masih banyak ilmuan-ilmuan lainnya.

Travelog Ibrah Espana part 3



"Runtuhnya Kerajaan Granada, Kerajaan Islam Terakhir di Spanyol
Pada tahun 711, umat Islam mulai memasuki semenanjung Iberia. Dengan misi mengakhiri kekuasaan tiran, Raja Roderick yg zalim. Umat Islam di bawak kepemimpinan Thariq bin Ziyad menyeberangi lautan yang memisahkan Maroko dan daratan Spanyol. Tujuh tahun kemudian, sebagian besar wilayah semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal sekarang) berhasil diduduki oleh umat Islam. Dan kekuasaan tersebut berlanjut selama lebih dari 700 tahun.

Pada tahun 900-an M, Islam mencapai puncak kejayaannya di tanah Andalusia. Lebih dari 5 juta muslim tinggal di daerah tersebut, dengan prosentase mencapai 80% penduduk. Namun, masa keemasan sosial dan politik ini tidaklah abadi. Pada tahun 1000-an M, kerjaan ini runtuh dan terpecah-pecah menjadi beberapa negara kecil yang disebut tha-ifah.satu per satu thaifah berhasil ditaklukkan oleh kerajaan-kerajaan Kristen Eropa (Reconquista). Dan akhirnya pada tahun 1240-an M, hanya tersisa satu kerajaan Islam saja di benua biru tersebut, di ujung Selatan tanah Andalusia, itulah Kerajaan GRANADA.
Selama terjadinya reconquista, kerajaan Islam satu per satu jatuh ke wilayah kekuasaan kerajaan Kristen. Gerakan al-Murabitun dan Muwahidun (yang kemudian menjadi sebuah daulah pen.) di Afrika Utara, turut memiliki andil membantu Kristen Eropa, meskipun perpecahan umat Islam adalah faktor utama yang menyebabkan keruntuhan Islam di Eropa.

Pegunungan Sierra Nevada yang menjadi benteng alami Kerajaan Granada
Pada era tersebut, tahun 1200-an, Granada sempat berhasil menghindarkan diri dari penaklukkan kerajaan-kerajaan Eropa. Setelah jatuhnya Kota Cordoba, Granada menyepakati perjanjian dengan Kerajaan Castile, salah satu kerajaan Kristen yang terkuat di Eropa. Perjanjian tersebut berisikan kesediaan dan ketundukan Granada dengan membayar upeti berupa emas kepada Kerajaan Castile setiap tahunnya. Timbal baliknya, Castile menjamin independensi Granada dalam urusan dalam negeri mereka dan lepas dari ancaman invasi Castile.

Selain membayar upeti, faktor lain yang membantu Granada terhindar dari penklukkaan adalah letak geografisnya. Kerajaan ini terletak di kaki pegunungan Sierra Nevada yang menjadi benteng alami melindungi kerajaan dari invasi pihak-pihak luar.

Peperangan Kerajaan Granada
Selama lebih dari 250 tahun, Granada tetap tunduk kepada Castile dengan membayar upeti. Namun dikelilingi oleh kerajaan-kerajaan Kristen yang tidak bersahabat tetap saja membuat Granada dalam keadaan terancam. Mereka tidak pernah aman dari ancaman penaklukkan.

Peninggalan-peninggalan Islam di Spanyol
Suratan takdir tentang keruntuhan Granada pun dimulai, ketika Raja Ferdinand dari Aragon menikah dengan Putri Isabella dari Castile. Pernikahan ini menyatukan dua kerajaan terkuat di semenanjung Iberia yang merajut cita-cita yang satu, menaklukkan Granada dan menghapus jejak-jejak Islam di benua biru.

Tahun 1482 pertempuran antara Kerajaan Kristen Spanyol dan emirat Granada pun dimulai. Meskipun secara jumlah dan kekuatan materi Granada kalah jauh, namun semangat juang masyarakat muslim Granada sangatlah besar, mereka berperang dengan penuh keberanian. Sejarawan Spanyol mengatakan, “Orang-orang muslim mencurahkan seluruh jiwa raga mereka dalam peperangan, mereka layaknya seseorang pemberani dengan tekad yang kuat mempertahankan diri mereka, istri, dan anak-anak mereka.” Demikian juga masyarakat sipil Granada, mereka turut serta dalam peperangan dengan gagah berani, mempertahankan tanah air mereka dan mempertahankan eksistensi Islam di tanah Eropa.

Saat itu, orang-orang Kristen bersatu padu, tidak lagi berpecah belah sebagaimana keadaan mereka di masa lalu. Beda halnya dengan Granada yang malah menghadapi pergolakan politik. Para pemimpin muslim dan para gubernur cenderung saling sikut, memiliki ambisi yang berbeda-beda, dan berusaha saling melengserkan satu sama lain. Di antara mereka ada yang berperan sebagai mata-mata Kristen dengan iming-iming imbalan kekayaan, tanah, dan kekuasaan. Lebih parah dari itu, pada tahun 1483, Sultan Muhammad, anak dari Sultan Granada, mengadakan pemberontakan terhadap ayahnya sehingga memicu terjadinya perang sipil.

Raja Ferdinand benar-benar memanfaatkan situasi ini untuk membuat Granada kian lemah, ia mendukung pemberontakan Sultan Muhammad melawan ayah dan anggota keluarganya. Pasukan-pasukan Kristen dikerahkan oleh Ferdinand turut berperang bersama Sultan Muhammad menghadapi anggota keluarganya. Akhirnya Sultan Muhammad berhasil menaklukkan anggota kerajaan dan menguasai Granada. Namun kekuasaannya ini hanya terbatas di wilayah Kota Granada saja, karena pasukan Kristen menekan dan mengambil wilayah-wilayah pedesaannya.

Akhir dari Granada
Tidak lama setelah menguasai Granada, Sultan Muhammad mendapat surat dari Raja Ferdinand untuk menyerahkan Granada ke wilayah kekuasaannya. Sang sultan pun terkejut dengan permintaan Raja Ferdinand, karena ia menyangka Raja Ferdinand akan memberikan wilayah Granada kepadanya dan membiarkannya menjadi raja di wilayah tersebut.

Akhirnya Sultan Muhammad sadar bahwa ia hanya dimanfaatkan sebagai pion oleh Ferdinand untuk melemahkan dan mempermudah jalan pasukan Kristen menaklukkan Granada. Muhammad berusaha untuk menggalang kekuatan dengan bersekutu bersama prajurit Islam di Afrika Utara dan Timur Tengah untuk memerangi kekuatan Kristen Eropa. Namun bantuan yang diharapkan Muhammad tidaklah sesuai dengan harapannya. Turki Utsmani hanya mengirimkan sekelompok kecil angkatan laut yang tidak berpengaruh banyak terhadap kekuatan Kristen Eropa.

Pada tahun 1491, Granada dikepung oleh pasukan-pasukan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella. Dari menara istananya, Muhammad melihat pasukan Kristen dalam jumlah yang besar telah mengepung dan bersiap menyerang Granada. Muhammad pun dipaksa untuk menandatangani surat penyerahan Granada kepada pasukan sekutu Kristen. Peristiwa ini terjadi pada November 1491.
Pada tanggal 2 Januari 1492, pasukan Kristen memasuki Kota Granada. Pasukan-pasukan ini memasuki istana Alhambra, mereka memasang bendera-bendera dan simbol-simbol kerajaan Kristen Eropa di dinding-dinding istana sebagai tanda kemenangan, dan di menara tertinggi istana Alhambra mereka pancangkan bendera salib agar rakyat Granada mengetahui siapa penguasa mereka sekarang. Keadaan saat itu benar-benar mencekam, rakyat muslim Granada tidak berani keluar dari rumah-rumah mereka dan jalanan pun lengang dari hiruk pikuk manusia.

Setelah itu, Sultan Muhammad diasingkan. Beberapa saat perjalanan, di puncak gunung, ia menoleh kepada bekas wilayahnya sambil menitikkan air mata. Ibunya yang melihat keadaan itu tidak simpatik kepada putranya, bahkan ia memarahinya dengan mengatakan, “Jangan engkau menangis seperti perempuan, karena engkau tidak mampu mempertahankan Granada layaknya seorang laki-laki”.

Orang-orang Kristen menjanjikan toleransi dan kedamaian terhadap masyarakat Islam Granada, walaupun kemudian perjanjian itu mereka batalkan sendiri. Ribuan umat Islam terbunuh dan yang lainnya mengungsi menyeberang lautan menuju wilayah Afrika Utara.
Itulah akhir dari peradaban Islam di Spanyol yang telah berlangsung lebih dari tujuh abad lamanya. Cahaya Islam menghilang dari daratan tersebut dengan terusir dan tewasnya umat Islam di sana, kemudian diganti dengan pendatang-pendatang Kristen yang menempati wilayah tersebut."

Travelog Ibrah Espana part 2


Jaulah kami bermula. Jaulah ni bermaksud keluar dari tempat selesa. Takde dah ye makanan best dan tempat tidur yang selesa. Bersedialah utk mkn maggie n roti. No rice. Bersedialah bermalam dlm fight dan bas. Dan di setesen bas.huhu.
Sampai je kata madrid, belajar utk baca map n cari pengangkutan utk ke hostel. Agak mencabar sebenarnya, tempat baru yg kita tak biasa pun. Heret bagasi ke mana2. Alhamdulillah Allah mudahkan segalanya. Hostel pun senang jumpa. Dale' karsyak dan roti sandwich ada utk dinner and breakfast.

Bandar madrid maju, cantik dan tersusun. Lebih lagi pd waktu malam. Malamnya yg hidup, bertemankan lampu2 malam. Maju dan sibuk penduduknya. Namun ada beberapa insan kurang bernasib baik kelihatan meminta sedekah di tepi2 jalan, mengharapkan belas ihsan orang laen. Sesekala terfikir, elok benar rupa paras dan sihat tubuh badan penduduknya. Tapi ruginya, dalam hati kosong tanpa cahaya hidayah dr Ilahi. Moga Allah kurnia hidayah.

Teringat satu ayat cinta Allah. Surat AlMunafiqun ayat 4. "Dan apabila engkau melihat mereka, tubuh mereka mengagumkanmu. Dan jika mereka berkata, engkau mendengarkan tutur katanya. Mereka seakan-akan kayu yg tersandar....... Bagaimanakah mereka dpt dipalingkan dari kebenaran?"

Tarbiyyah dr Allah menjelma lagi. Dpt tahu yg handphone hakimah dicuri. Bukan tu je, sedang asyik bergambar depan stadium madrid, cermin mata safira pula dicuri. Madrid agak terkenal dgn pickpocket. Mmg kena sentiasa hati2. Alhamdulillah punya shbt yg sgt positive. Redha n yakin yg Allah akan gantikan yg terbaik. Masya Allah :')
(Dalam kaca tu ada batu2, alkisahnya di sini adalah tapak masjid satu ketika dulu sebelum kristian menakluk madrid)

(real madrid! *padahal x minat bola pon*)

(Restaurant tertua di dunia)

(Belakang tu istana madrid)

(Official symbol of Madrid)

"Located in Madrid's most famous and most central square, La Puerta del Sol, sits one of Madrid's most important statues, El Oso y El Madrono (the Bear and the Strawberry Tree). The Oso and Madrono is the official symbol of the city.

No one seems to know exactly why the bear and the strawberry tree are
the city's icons except that there used to be many bears in the fields around Madrid, and the strawberry tree might actually be representative of the hackberry tree that once was in abundance around the city.